Dalam sebuah forum diskusi yang diikuti mahasiswa ITB dan UNPAD, seorang mahasiswa secara jujur dan lugu mengatakan bahwa dia sering mengantuk saat di ruangan kelas mengikuti kuliah, bagaimana caranya supaya tidak mengantuk ? Mahasiswa tersebut kebetulan tidak mengikuti kuliah di kelas saya, jadi saya tidak tahu persis bagaimana ngantuknya dia. Yang jelas dia bilang saat mengikuti perkuliahan, paling banter 50 % dia berada dalam keadaan sadar atau tidak tertidur.

Saya bilang, ada beberapa kemungkinan kondisi seorang mahasiswa mengantuk di kelas. Mengantuk bisa terjadi saat kita beberapa saat sebelumnya habis makan, baik itu makan pagi (sarapan) atau makan siang. Kalau menemui ada mhs yang mengantuk saat kuliah jam 9-11, padahal masih pagi ya, kemungkinannya adalah itu memang saat banyak energi tubuh tersedot ke perut untuk mencerna makanan sarapannya. Demikian juga setelah makan siang, apalagi saat siang terik. Pas jum’atan mendengarkan khutbah juga sering orang terserang kantuk, biarpun khotibnya menggelegar suaranya, tetap saja….

Nah, untuk mengurangi rasa mengantuk di pagi hari, saya bilang baiknya mahasiswa makan paginya jangan kebanyakan, cukup untuk mengganjal perut saja barangkali sehingga energi yang dibutuhkan untuk mencernanya beberapa saat atau jam kemudian tidak perlu banyak, sehingga tidak sampai menguras banyak energi dan oksigen yang sampai ke otak akibat tersedot ke perut.

Saat makan siang, sama juga, makannya jangan kebanyakan, jangan sampai “kemelekaran” alias ulah wareg teuing alias sampun tuwuk , biarkan ada ruangan oksgen dalam perut. Bukankah sabda Rasul, biarkan perut diisi oleh 3 hal: makanan, air dan udara, sehingga kita sangat baik bila berhenti makan sebelum kenyang Selain itu, kata isteri saya yang ahli gizi (tea), makan siang baiknya kurangi karbohidrat dan perbanyak sayuran dan buah-buahan. Karbohidrat akan membutuhkan banyak energi tubuh untuk mengolahnya, sedangkan sayuran dan buah-buahan yang lebih lama berada di dalam lambung, membutuhkan energi yang lebih rendah.

Selain itu, kiat praktis saya apabila di forum mengalami ngantuk, saya akan “menyakiti” diri saya, misalnya dengan mencubit jari-jari, menekan-nekan ujung jari tangan satu sama lain, menggerak-gerakkan kaki. Cara lain yang juga cukup efektif dengan mengunyah permen atau permen karet, itu yang biasa saya lakukan untuk menghindari ngantuk saat mengendarai mobil. Apabila di forum diskusi, cobalah ambil bagian dengan berbicara, jangan hanya menjadi pendengar yang baik, karena dengan berbicara syaraf-syaraf dan otot akan terangsang bekerja.

Cara dosen menyampaikan kuliah jelas mempunyai pengaruh. Dosen yang suaranya pelan sehingga sulit ditangkap, intonasi datar-datar saja memang akan membuai mahasiswa jatuh dalam kantuk. Dosen perlu bicara dengan suara yang cukup terdengar sampai ke belakang atau ujung kelas. Sekali-kali dosen perlu agak berteriak barangkali, atau bicara dengan suara yang agak tinggi, mungkin semacam memberi hentakan yang bisa mengagetkan mahasiswa yang mencoba tidur di kelas. Dosen juga perlu memancing mahasiswa untuk mengemukakan pendapat atau bertanya, dan mungkin menyulut munculnya perdebatan diantara mahasiswa.

Kalau saya mendapati mahasiswa yang tidur, kerap kali saya menyuruh mahasiswa tersebut untuk cuci muka. Dengan beranjak berdiri, berjalan dan mencuci muka biasanya mahasiswa itu akan jadi lebih fresh.

Ada kiat lainnnya ?