Selasa, 04 Mei 2010

SMS Banking dan Internet Banking BRI

SMS Banking BRI 3300


Pada tahun 2007 BRI telah melaunching fasilitas SMS Banking dengan menggunakan sistim sms manual (SMS Plain) dengan kode akses 3300 dengan nama SMS Banking BRI 3300.

SMS Banking BRI 3300

merupakan salah satu layanan mobile banking melalui sms, yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan layanan perbankan BRI. Melalui SMS Banking BRI 3300, kapan pun dan dimana pun, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan aman dan leluasa.


Fasilitas dan Layanan SMS Banking yang tersedia

smsinfo -> Informasi Saldo
smsTransfer -> Transfer Antar Rek. BRI

smsPayment -> Pembayaran kartu kredit/tagihan telepon seluler (KartuHalo, Matrix & IM3)
smsPrepaid -> Isi Ulang Pulsa (simPATI, Mentari, IM3 & XL)
smsAdmin -> Penggantian PIN

Cara Mendapatkan Layanan SMS Banking BRI 3300
  1. Memiliki BRI Card (ATM BRI)
  2. Telah melakukan registrasi di ATM BRI dengan cara -> dimenu utama BRI pilih Transaksi Lain -> Pilih menu Registrasi -> Pilih menu SMS Banking dan masukan nomor HP Anda (Gunakan HP Anda sendiri) -> Masukan 6 Digit PIN SMS banking BRI (buat sendiri PIN Anda dan jangan diberitahukan kepada orang lain).
  3. Telah memiliki PIN SMS Banking BRI sejumlah 6 digit yang didaftarkan via ATM BRI.
  4. Menggunakan nomor akses 3300 untuk seluruh operator baik GSM : Telkomsel, Indosat dan XL, serta CDMA : Fren dan Esia
Setelah melalui tahap-tahap diatas sekarang HP anda sudah bisa langsung menikmati semua layanan sms banking BRI untuk bertransaksi sesuai fasilitas yang tersedia tanpa harus report seperti mengisi formulir aktivasi/melalui customer service dan sebagainya cukup praktis bukan ?

Perintah SMS yang harus dibuat adalah :
  1. Cek saldo -> SALDO PIN -> contoh SALDO 123456
  2. Transfer Antar Rekening BRI -> TRANSFER BRINOREKTUJUAN JUMLAH PIN -> contoh TRANSFER BRI0170xxxxxxxxx 500000 123456
  3. Pembelian Pulsa -> PULSA NOHP NOMINAL PIN -> contoh PULSA 0812123456 50000 123456
  4. Pembayaran Kartu Kredit -> BAYAR CITI NOKARTU NOMINAL PIN -> contoh BAYAR CITI 01234567910 100000 123456
  5. Untuk fasilitas layanan lainnya silahkan hubungi call center BRI di 14017 (dari HP) dan 021 57-987-400
Catatan :
  • Limit transfer antar rekening BRI untuk rekening Britama kartu atm hijau per hari 20.000.000
  • Hapus sms yang telah Anda buat di menu pesan terkirim/pesan keluar agar tidak disalahgunakan pihak lain.
  • Kalo layanan perbankan sudah ada digenggaman tangan Anda kenapa harus report-report pergi jauh-jauh ke atm silahkan manfaatkan fasilitas yang tersedia untuk membantu kenyamanan hidup Anda. Selamat Menikmati Layanannya.




Mengenai Internet banking BRI

· Apakah yang dimaksud dengan BRI Internet Banking ?

BRI Internet Banking adalah suatu cara baru untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan anda untuk selalu dapat berinteraksi dengan Bank BRI dimana pun berada dengan aman dan mudah.

· Amankah menggunakan BRI Internet Banking ?

Ya, BRI Internet Banking didisain dengan mengutamakan kemanan informasi pribadi dan keuangan anda.

  • BRI Internet Banking menggunakan program Internasional Internet Standard Security SSL 3.0 dengan sistim enkripsi 128-bit, suatu sistim pengacak informasi yang tercanggih saat ini, sehingga informasi pribadi & keuangan anda tidak dapat terbaca ketika melalui jaringan internet.
  • Anda juga akan diberikan User ID & Password yang unik, sehingga tidak ada duplikasi dan hanya anda yang mengetahuinya. Setiap kali Login, anda hanya diperkenankan mengulang User ID & Password yang salah sebanyak 3 kali sebelum akses tersebut diblokir untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.
  • Ada pengaman tambahan yaitu mTOKEN yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, bayar tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email. Anda bisa melakukan Permintaan mTOKEN di Internet Banking, setelah menyelesaikan Registrasi mTOKEN di Cabang BRI dan Aktivasi mTOKEN di Internet Banking.
  • Setiap transaksi yang diinstruksikan tidak akan diproses tanpa konfirmasi dan persetujuan anda.
  • Setiap transaksi akan diberikan nomor referensi yang digunakan apabila ada pertanyaan atau terjadi suatu masalah yang berhubungan dengan transaksi tersebut.
  • Jika tidak terdapat aktivitas selama 10 menit, system secara otomatis akan mengakhiri (log-out) akses anda untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak berwenang.

· Apakah saya harus mendaftar untuk menggunakan fasilitas BRI Internet Banking ? Bagaimana caranya ?

Ya. Cara pendaftaran adalah melalui ATM sebagai berikut :

  • Anda harus memiliki rekening tabungan terlebih dahulu di Bank BRI.
  • Anda harus mendaftar Internet Banking di ATM BRI.
  • Anda akan diminta membuat password Internet Banking.
  • Anda akan diberikan User ID yang tercetak di struk ATM yang digunakan untuk login.

· Apakah yang dimaksud dengan USER ID ?

  • User ID adalah serangkaian huruf-angka yang merupakan tanda pengenal anda untuk dapat mengakses BRI Internet Banking
  • User ID akan langsung tercetak di struk ATM ketika pendaftaran anda disetujui.
  • Anda tidak diperkenankan merubah User ID anda
  • Jangan memberitahukan User ID anda kepada orang lain, kecuali kepada petugas Bank BRI Call Center ketika anda menghubungi call Center tersebut

· Apakah yang dimaksud dengan Password ?

  • Password adalah serangkaian huruf dan angka yang merupakan sandi anda untuk dapat mengkases Bank BRI Internet Banking
  • Anda diperkenankan untuk membuat password sendiri ketika mendaftar di ATM.
  • Anda diperkenankan merubah Password anda
  • Jangan memberitahukan Password anda ke orang lain, termasuk petugas Bank BRI Call Center ketika anda menghubungi Call Center tersebut.

· Apakah yang dimaksud dengan mTOKEN ?

mTOKEN adalah pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, bayar tagihan, pembelian), ubah password dan ubah alamat email.

Anda bisa melakukan Permintaan mTOKEN di Internet Banking, setelah menyelesaikan Registrasi mTOKEN di Cabang BRI dan Aktivasi mTOKEN di Internet Banking.

· Apakah yang dimaksud dengan LOGIN ?

Login adalah suatu fungsi dimana anda harus memasukkan User ID & Password anda sebelum anda dapat mengakses BRI Internet Banking.

· Apakah yang dimaksud dengan LOGOUT ?

Logout adalah suatu fungsi untuk mengakhiri akses anda dengan BRI Internet Banking dengan sempurna

· Bagaimana cara "login" ke BRI Internet Banking ?

  • Masuk ke : https://ib.bri.co.id
  • Masukkan [USER ID] dan [PASSWORD].
  • Masukkan [VALIDASI] yaitu 4 digit angka yang ada di layar.
  • Pilih bahasa yang akan digunakan pada pilihan [BAHASA]
  • Klik [LOGIN] untuk mengakses menu/fasilitas yang tersedia di BRI Internet Banking
  • Jika ini merupakan login pertama anda, anda diminta membaca Syarat & Ketentuan penggunaan Klik [SETUJU] bila anda setuju untuk tunduk ke Syarat & Ketentuan tersebut
  • Jika anda mendaftar melalui ATM, layar berikutnya adalah Layar Aktivasi dimana anda diharuskan mengganti password dan memasukkan alamat email anda.
  • Ketik password lama ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD LAMA].
  • Ketik password baru ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD BARU] Ketentuan Password baru adalah sebagai berikut :
    • Terdiri dari 8 - 12 digit , harus terdiri dari alpha numeric dan case sensitive (Contoh : Bandung1).
    • Tidak boleh sama dengan password sebelumnya .
    • Tidak boleh sama dengan USER ID.
    • Tidak boleh mengandung spasi di depan, tengah & belakang.
  • Ketik kembali password baru di kotak [KONFIRMASI PASSWORD BARU].
  • Klik [UBAH] untuk mengkonfirmasi password baru, atau [HAPUS] untuk menghapus semua data yang telah diketik sebelumnya.

· Bila saya tidak ingat kode USER ID atau Password saya, apa yang harus saya lakukan ?

  • Bila anda tidak ingat User ID anda tapi masih mengingat password anda, silakan menghubungi Bank BRI Call Center di nomor 14017 atau 6221-57987400.
  • Bila anda tidak ingat Password anda, tapi masih mengingat User ID anda, segera menghubungi BRI Call Center di nomor 14017 atau 6221-57987400, kemudian lakukan registrasi Internet Banking via ATM.

· Beberapa waktu yang lalu saya telah mendapatkan User ID & Password untuk mengakses BRI Internet Banking, tapi saya belum sempat menggunakannya. Mengapa ketika saya memasukkan User ID & Password sistim menolak akses saya ?

Apakah Anda melakukan login pertama kali setelah 45 hari sejak registrasi Internet Banking ?

Jika Ya, maka hal tersebut disebabkan oleh kebijakan pengamanan kami, dimana bila Anda tidak menggunakan User ID selama 45 hari sejak User ID dikeluarkan, akses Anda tersebut akan kadaluwarsa sehingga User ID/ Password tidak dikenal. Untuk bisa menggunakan Internet banking, maka Anda harus melakukan registrasi ulang.


1 komentar:

  1. BRI payah deh SMS BANKING TIDAK BISA CEK MUTASI REKENING. Aku sering tertipu orang yg katanya sudah transfer uang ternyata yg transfer orang lain. Wah gimana nih BRI? masa ketinggalan dengan BCA/ MANDIRI,BNI? malu dong! http://www.sexuil.com/

    BalasHapus